Bagaimana Ciri Ciri Tanda Awal Kehamilan Wanita Dan Gejalanya

Meskipun buah hati tentunya merupakan dambaan semua pasangan . Namun , perihal kehamilan tentunya datang di waktu yang sesuai bukan ? namun , kadang waktu yang sesuai tersebut sering kali tidak disadari oleh pasangan tersebut atau bahkan ibu yang mengandungnya sendiri . Hal ini dikarenakan terdapat tanda tanda kehamilan yang tidak terlalu terlihat atau bahkan tanda tanda hamil tersebut bahkan dirasakan oleh semua orang .

tanda awal kehamilan

Sebenarnya , apa saja sih ciri ciri hamil yang biasa terjadi ? Nah , saat ini Saya akan membahas mengenai apa saja ciri ciri orang hamil , dan kira-kira apa saja perbedaan pada wanita biasa dan wanita yang memiliki tanda-tanda hamil muda . Penasaran ? Yuk , simak informasi mengenai tanda awal kehamilan berikut ini .

Terdapat Perubahan Pada Bentuk Payudara

Tanda awal kehamilan yang pertama terlihat jelas dan terkesan berbeda dari wanita yang tidak memiliki tanda-tanda hamil muda adalah bentuk payudara . Pada awal kehamilan ini , bentuk payudara akan membesar dan hal tersebut terjadi akibat adanya peningkatan produksi hormon . Hormon yang dimaksud disini adalah hormon esterogen dan juga progresteron yang berhubungan dengan masalah kewanitaan seseorang . Tak hanya berubah bentuk , ciri-ciri orang hamil yang dilihat dari payudaranya , juga memiliki tekstur payudara yang semakin lembut . Oleh karenanya , payudara yang seperti ini akan menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan biasanya . Atau bahkan , ada pula yang sampai membuat payudara Anda malah terasa sakit atau nyeri saat disentuh atau di pegang .

Selanjutnya , ciri-ciri hamil juga dapat dilihat dari bentuk puting susu payudara yang juga semakin membesar dan memiliki perubahan warna menjadi gelap , dan bahkan menjadi sering merasakan sensasi gatal . Tak hanya itu , semakin terlihat pula pembuluh vena di sekitar payudara dan hal ini terjadi akibat adanya penegangan dari pembuluh darah yang ada di sekitar payudara .

Yang terakhir , terdapat sebuah hormon berupa hormon HPL ( Human Placental Lactogen ) dimana hormon ini kian aktif pada orang yang sedang mengandung . Hormon ini di produksi oleh tubuh si bayi pada saat masa-masa kehamilan untuk nantinya dapat mempersiapkan ASI untuk si kecil setelah terlahir ke dunia .

Terdapat Flek Dan Kram Yang Terasa Di Perut

Ciri ciri hamil muda yang selanjutnya adalah terdapat flek dan juga terasa kram di perut . Tanda-tanda orang hamil ini mungkin sekilas terlihat mirip dengan tanda-tanda wanita mengalami menstruasi , namun perlu di perhatikan perbedaan dari kedua flek ini . Untuk seorang yang menstruasi , bercak darah dan flek yang terjadi ini terjadi sekitar 8 sampai dengan 10 hari setelah terjadinya proses ovulasi . Sedangkan , untuk bercak atau flek yang terjadi pada orang yang memiliki tanda-tanda awal kehamilan disebabkan oleh terjadinya implantasi ( implantation bleeding ) atau disebut juga proses dimana embrio yang telah berhasil dibuahi menempel pada bagian dinding rahim . Nah , hal ini yang sering kali tidak disadari oleh ibu si bayi dan menganggap bahwa kemunculan flek atau bercak ini merupakan rangkaian menstruasi dan bukan tanda awal kehamilan .

Baca Juga : Cara Menggugurkan Hamil

Selain itu , biasanya keluar flek atau bercak -bercak darah tersebut biasanya di ikuti dengan rasa rasa kram yang berada di sekitar perut Anda . Nah , proses kram perut tersebut ini biasanya akan menjadi salah satu ciri ciri orang hamil yang berkelanjutan karena kondisi seperti ini akan muncul secara teratur . Kondisi seperti ini nantinya akan terus Anda temui sampai dengan kehamilan pada trimester ke dua dimana nanti letak uterus posisinya sudah berpindah menjadi berada di tengah dan sudah dalam posisi di sangga oleh panggul .

Mual Dan Muntah ( Morning Sickness )

Selanjutnya , tanda awal kehamilan yang biasanya terjadi adalah masalah mual dan juga muntah ( morning sickness ) . Hal ini terjadi akibat adanya hormon yang meningkat jumlahnya secara tiba-tiba didalam aliran darah di tubuh si ibu . Hormon yang meningkat tersebut adalah hormon HCG ( Human Chorionic Gonadotrophin ) . Nah , tak hanya didalam darah saja , ternyata hormon ini juga terdapat pada saluran kencing juga .

Nah , maka dari itu , untuk mengetahui seseorang apakah sedang mengalami hamil muda atau tidak , digunakan test pack yang dimana test pack ini menggunakan media air seni untuk menentukan seseorang hamil atau tidak . Nah , hal ini dilakukan dengan cara mengukur apakah terdapat peningkatan kadar hormon HCG atau tidak pada tubuh si ibu . Biasanya efek dari peningkatan hormon ini adalah terasa pedihnya lapisan perut dan kemudian menyebabkan rasa mual .

Rasa mual ini akan terus berlanjut dan biasanya akan menghilang setelah Anda memasuki masa trimester kedua . Namun , jika masih terasa mual dan muntah pada usia kehamilan trimester kedua , ada baiknya Anda untuk segera memeriksakan kandungan Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sebab hal ini dapat mengganggu kehamilan .

Mudah Atau Sering Sekali Buang Air Kecil ( Frequent Urination )

Selanjutnya , tanda awal kehamilan yang sering sekali ditemui adalah seringnya ke inginan si ibu untuk terus buang air kecil jika di bandingkan dengan hari-hari biasanya . Hal ini terjadi karena posisi janin semakin menekan kandung kemih dan akibat adanya proses peningkatan sirkulasi darah .

Tak hanya itu , biasanya kandung kemih pada seseorang yang memiliki tanda awal kehamilan akan lebih cepat di penuhi oleh urine sehingga keinginan untuk melakukan buang air kecil juga semakin sering . Hal ini juga dipengaruhi oleh hormon yang muncul di awal kehamilan ( hormon kehamilan )

Nah , bagi Anda yang risih akan kondisi seperti ini sebaiknya tidak menjadikan Anda malah menahan atau bahkan membatasi ke inginan Anda untuk buang air kecil . Sebab , hal ini akan memicu dihidrasi dan ada baiknya untuk meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh supaya terhindar dari tanda-tanda dehidrasi karena tentunya akan sangat mengganggu Anda dan juga kandungan Anda .

Jika Anda merasakan beberapa hal diatas , ada baiknya Anda melupakan segala macam cara melancarkan haid atau cara membuat wanita cepat keluar menstruasinya , karena biasanya dengan ciri-ciri diatas , Anda bukan sedang mengalami haid yang telat , namun memang sedang mengalami masa awal kehamilan .

Updated: Juli 30, 2019 — 7:44 am