Keju Sebagai Sumber Nutrisi Penting bagi Ibu Hamil

Nutrisi395 Dilihat

carakandunganhamil.com  Keju, sebagai produk olahan susu, memiliki manfaat kesehatan yang signifikan bagi ibu hamil dan pertumbuhan janin. Namun, penting untuk memahami jenis keju yang aman dikonsumsi selama kehamilan dan yang sebaiknya dihindari.

Pentingnya Memilih Keju yang Aman

Keju merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang sangat baik. Namun, tidak semua jenis keju aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Sebagian besar jenis keju aman, namun ada beberapa yang harus dihindari karena potensi kontaminasi bakteri berbahaya seperti Listeria.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi listeriosis, yang dapat memiliki dampak serius pada pertumbuhan janin. Bakteri ini umumnya ditemukan pada produk olahan susu mentah, termasuk keju yang tidak dipasteurisasi.

Jenis Keju Aman untuk Ibu Hamil

Untuk memastikan keamanan konsumsi keju selama kehamilan, Bunda perlu memahami jenis keju yang aman dikonsumsi. Beberapa jenis keju yang aman karena sudah dipasteurisasi meliputi:

1. Cheddar

2. Mozzarella

3. Parmesan

4. Cream cheese

5. Cottage cheese

Keju-keju ini umumnya memiliki tekstur keras dan dianggap aman karena proses pasteurisasi yang telah melibatkan pemanasan makanan untuk membunuh bakteri berbahaya.

Keju Tidak Aman untuk Ibu Hamil

Sebaliknya, keju yang tidak aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil meliputi jenis-jenis berikut:

1. Feta

2. Brie

3. Camembert

4. Panela

5. Roquefort

Keju-keju ini umumnya tidak dipasteurisasi dan cenderung memiliki tekstur lunak dengan garis kasar kebiruan. Sebaiknya dihindari selama masa kehamilan untuk mencegah risiko infeksi bakteri.

Panduan Pemilihan Keju yang Aman

Ahli Nutrisi Katherine Marengo menyarankan agar Bunda membaca label keju dengan cermat saat berbelanja. Pastikan untuk memilih keju yang dibuat dari susu yang dipasteurisasi. Jika label tidak memberikan informasi yang jelas, selalu tanyakan pada penjual. Jika ragu, lebih baik memilih jenis keju yang aman.

Namun, tidak hanya pasteurisasi yang perlu diperhatikan. Proses produksi keju juga berperan penting dalam keamanannya. Keju yang diproduksi di fasilitas higienis memiliki risiko kontaminasi yang lebih rendah.

Memahami manfaat keju untuk ibu hamil dan jenis keju yang aman dikonsumsi menjadi kunci penting selama kehamilan. Dengan memilih keju yang tepat, Bunda dapat menikmati nutrisi yang baik untuk kesehatan diri dan pertumbuhan janin, sambil meminimalkan risiko potensial terhadap infeksi. Tetap bijak dalam pemilihan dan nikmati kehamilan dengan penuh kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *