Tahap Perkembangan Janin Minggu ke-4: Pembentukan Dasar Organ Tubuh

Keajaiban Kehidupan: Eksplorasi Perkembangan Janin pada Usia 4 Minggu

carakandunganhamil.com Saat mencapai usia kehamilan 4 minggu, seiring dengan munculnya gejala seperti perubahan suasana hati, kembung, dan keram pada ibu hamil, tahap perkembangan janin pun tengah berlangsung.

Pembentukan Embrio dan Plasenta

Setengah blastokista menjadi embrio yang berkembang menjadi bayi. Embrio terdiri dari tiga lapisan sel yang akan membentuk berbagai bagian tubuh bayi, seperti sistem pencernaan, hati, paru-paru, jantung, alat kelamin, tulang, ginjal, otot, sistem saraf, rambut, mata, dan kulit.

Sementara itu, separuh blastokista lainnya menjadi plasenta. Plasenta berperan sebagai jalur pengiriman nutrisi dan oksigen dari pembuluh darah ke janin, serta sebagai jalur pembuangan limbah sisa metabolisme tubuh bayi.

Pembentukan Kantong Janin dan Yolk Sac

Selama perkembangan janin 4 minggu, kantong janin mulai terbentuk di sekitar embrio, di mana nantinya air ketuban akan menampung janin. Meskipun pada beberapa kasus baru terlihat pada minggu ke-7. Selain itu, yolk sac yang menghasilkan darah juga terbentuk untuk merawat embrio hingga plasenta dapat mengambil alih fungsi tersebut.

Melihat Perkembangan dengan Ultrasonografi

Pada usia kehamilan 4 minggu, melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG), kantong janin sudah dapat terlihat. Meskipun demikian, beberapa ibu hamil baru bisa melihatnya pada minggu ke-7.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *