Pola Makan Sehat Dan Gizi Seimbang Untuk Remaja

Tak perlu dipertanyakan lagi bahwa semua orang membutuhkan nutrisi baik , apalagi untuk remaja yang masih dalam masa pertumbuhan . Sayangnya , tak semua remaja mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan karena mereka tidak menerapkan pola makan sehat .

Meski begitu , bukan berarti hal ini merupakan masalah yang tak ada jalan keluarnya . Sebab , dengan perubahan sederhana yang konsisten seperti konsumsi makanan yang sehat untuk tubuh , setiap remaja bisa mendapatkan asupan semua gizi yang mereka butuhkan !

Lewat artikel tentang pola makan sehat ini , Anda bisa memperoleh segala informasi penting soal pola makan sehat untuk remaja . Dapatkan informasi lengkap tentang ciri ciri pubertas pada perempuan disini .

pola makan sehat

Junk Food Dan Bahayanya

Salah satu contoh kebiasaan yang jelas bukan merupakan contoh pola makan sehat adalah konsumsi junk food alias makanan cepat saji . Hanya saja , ingat bahwa junk food bukan sekedar makanan seperti burger yang disajikan di restoran cepat saji , tapi juga minuman tinggi gula seperti soda , serta makanan ringan dengan kalori tinggi seperti keripik kentang .

Apapun jenis junk food-nya , masing-masing dijamin memiliki kandungan berikut yang bukan bagian dari pola makan sehat dan gizi seimbang :

  • Tinggi kadar lemak , terutama jenis lemak jenuh
  • Tinggi kandungan garam
  • Tinggi jumlah gula
  • Rendah kandungan serta dan nutrisi seperti zat besi dan kalsium
  • Tinggi kalori karena disajikan dalam porsi lebih besar , sehingga tidak bisa dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat untuk diet juga .

Ada berbagai risiko kesehatan yang dapat disebabkan oleh konsumsi junk food yang berlebihan , seperti serangan jantung . Meskipun penyakit ini nampaknya mustahil menyerang remaja , perlu di ingat bahwa penyakit jantung tidak muncul begitu saja . Meskipun serangan sakit mendadak , proses sampai akhirnya seseorang mengidap masalah jantung memakan waktu lama dan perlahan . Karena itu , cegah risiko serangan jantung sejak dini dengan menerapkan pola makan sehat untuk remaja .

Belum lagi , konsumsi junk food serta pola makan buruk dapat mengakibatkan lonjakan berat badan , sembelit , tekanan darah tinggi , sulit berkonsentrasi , dan kelelahan sejak berusia muda sekalipun .

Pahami peristiwa mimpi basah pada wanita disini .

Tips Mengubah Dan Memperbaiki Pola Makan Sehat

Seperti yang sudah disinggung sekilas sebelumnya , perubahan kecil dapat memberikan dampak yang luar biasa , termasuk dalam urusan penerapan pola makan sehat dan gizi seimbang . Karena itu , untuk membiasakan remaja agar mau beralih dan mengubah pola makan mereka agar jadi lebih sehat dan seimbang , coba beberapa tips berikut ini .

  • Kurangi Konsumsi Minuman Tinggi Gula

Minuman dengan kandungan gula yang tinggi seperti minuman ringan dan minuman energi punya sifat asam . Hal inipun berdampak buruk pada kesehatan gigi dan tulang . Meskipun boleh-boleh saja dikonsumsi sekali-kali , hindari meminumnya sering-sering .

Opsi minuman terbaik yang juga merupakan bagian dari makanan yang sehat untuk tubuh adalah air putih . Kalau ingin minuman yang berasa , coba tambahkan sepotong jeruk atau lemon .

  • Konsumsi Buah Segar

Tak perlu dipertanyakan lagi apa manfaat dari buah segar , karena sudah ada banyak artikel tentang pola makan sehat yang membahas topik ini . Kalau kesulitan untuk membiasakan diri mengonsumsi buah , bisa di mulai dengan teratur menyediakan semangkong atau sepiring buah sebagai cemilan sehat dan rendah kalori .

  • Jangan Lupa Sarapan Setiap Pagi

Bukan hanya merupakan bagian dari pola makan sehat untuk wanita , sarapan pada dasarnya adalah keharusan . Selain memberikan energi untuk mengawali hari , sarapan akan bantu tubuh menghindari kecenderungan untuk ngemil sebelum jam makan siang .

Tentu saja , sarapan sehat adalah yang paling dianjurkan , seperti yang banyak dibahas dalam berbagai makalah pola makan sehat . Pilih menu yang kaya serat dan protein untuk memberikan rasa kenyang lebih lama , seperti roti atau sereal gandum rendah gula , susu rendah lemak , dan buah .

  • Biasakan Bantu Siapkan Makanan Atau Masak Sendiri

Makanan lezat tak selamanya butuh waktu lama untuk disiapkan , atau sulit untuk dibuat . Bahkan ada banyak pola makan sehat untuk wanita dan remaja dengan pilihan menu yang mudah dan sederhana . Selain membantu melatih kemandirian , langkah inipun sangat bermanfaat untuk membantu remaja mengenali apa saja makanan yang masuk kedalam tubuhnya dan memahami apa saja nutrisi yang diperoleh . Selain itu , menyiapakan makanan atau memasak juga mendorong tubuh agar aktif bergerak .

  • Jaga Porsi Dan Kurangi Tambahan Garam Berlebih

Makanan sehat bukanlah makan sampai kekenyangan . Justru , biasakan remaja untuk makan dalam porsi yang cukup atau pas agar tetap bisa beraktivitas dengan nyaman . Untuk bisa mencegah porsi berlebih , Anda bisa gunakan piring atau kotak makan sebagai wadah bekal yang lebih kecil . Dengan begitu , Anda tidak akan terdorong untuk mengambil makanan dalam jumlah terlalu banyak .

Baca Juga : Cara Menggugurkan Kandungan

Untuk garam , kandungan sodium yang berlebih adalah salah satu pemicu tekanan darah tinggi . Hal ini , apabila terus diberikan , akan menjadi masalah kesehatan yang serius dikemudian hari . Apalagi jika gaya hidup yang diterapkan bukan gaya hidup yang aktif dan sehat . Terapkan hal yang sama untuk makanan berminyak dan berlemak – gunakan minyak nabati atau olah makanan dengan cara memanggang , dan konsumsi lemak tak jenuh seperti yang terkandung didalam kacang almond dan buah alpukat .

Pada dasarnya , pola makan sehat dan seimbang tidak hanya dibutuhkan sebagai bagian dari pola makan sehat untuk menurunkan berat badan , tapi juga untuk menjaga kondisi tubuh secara keseluruhan . Dengan membiasakan hal ini sejak dini , maka risiko masalah kesehatan di kemudian hari pun bisa di tekan secara signifikan .

Updated: Juli 16, 2019 — 11:25 am