Penyebab Dan Tips Menghilangkan Untuk Cara Mengatasi Keputihan

Bagaimana sih cara mengatasi keputihan dengan tepat ? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya kalau Anda kenali apa yang disebut dengan keputihan itu sendiri terlebih dahulu . Pada dasarnya keputihan pada wanita dikenal sebagai bentuk cairan atau zat semisolid yang keluar dari lubang kemaluan , yaitu vagina . Sebagian besar wanita memang mengalami hal tersebut utamannya dalam batas waktu tertentu . Hal ini terjadi karena keputihan itu sendiri dikenal sebagai refleksi atas proses pembersihan tubuh dengan normal . Karena itulah jumlah serta jenis keputihan sendiri pun dikenal lebih bervariasi atau berbeda antara yang satu dengan yang lainnya sesuai pada siklus menstruasi yang dimiliki oleh masing-masing wanita .

cara mengatasi keputihan

Berbicara mengenai keputihan pada wanita , pada dasarnya terdapat beberapa bentuk penyebab keputihan pada wanita yang menjadikannya keluar dengan mudah . Ingin tahu apa saja ? Berikut penjelasannya .

  • Keberadaan Jamur Candidas / Monilia

Mereka yang memiliki jamur tersebut , umumnya akan mengalami keputihan dengan tampilan dari keputihan itu sendiri yang berwarna putih susu , memiliki bau yang sedikit keras , serta menimbulkan gatal pada bagian kemaluan , hal ini bahkan dapat menimbulkan peradangan . Karena itulah banyak yang mencari cara mengobati keputihan tersebut dengan cepat . Keputihan ini terjadi karena kehamilan , penggunaan pil KB , masalah kencing manis atau bahkan posisi daya tahan tubuh yang tengah menurun .

  • Keberadaan Parasit Tricomonas Vaginalis

Jenis parasit ini umumnya muncul dari hubungan seks yang dilakukan atau juga dapat ditularkan melalui peralatan mandi serta bibir klosed . Karena itulah sebaiknya penggunaan peralatan mandi dilakukan dengan lebih privasi sebagai cara untuk mengatasi keputihan dengan lebih mudah . Keputihan ini muncul sebagai cairan kental , berbuih , serta memiliki warna kuning kehijauan dengan aroma anyir . Jenis keputihan yang satu ini umumnya tidak menimbulkan rasa gatal namun justru akan terasa sakit apabila ditekan .

  • Keberadaan Bakteri Gardnella

Keputihan ini dikenal dengan perasaan gatal serta mengganggu yang ditimbulkan oleh infeksi . Untuk tampilannya pun terlihat melalui cairan berwarna keabuan , berbuih , serta memiliki bau amis . Dalam hal ini jenis keputihan tersebut jika bercampur dengan bakteri lainnya , maka ia pun dapat menimbulkan masalah serius seperti halnya sifilis atau bahkan gonorhoea . Tidak heran jika banyak diantarannya orang yang mencari cara menghilangkan keputihan tersebut dengan segera .

  • Virus

Selain beberapa penyebab munculnya keputihan di bagian atas tadi , hal ini juga dapat terjadi sebagai akibat dari keberadaan virus yang berkaitan dengan masalah kesehatan dari condyloma , HIV / AIDS , kemudian herpes . Beragam masalah keputihan yang terjadi akibat penyebaran virus tersebut umumnya jauh lebih parah , karena itulah dibutuhkan cara mengatasi keputihan dengan tepat sebelum ia berubah menjadi faktor pemicu dari munculnya masalah kanker rahim .

Baca Juga : Cara Menggugurkan Hamil

Jika pada bagian diatas tadi telah disebutkan mengenai beberapa bentuk penyebab keputihan pada wanita , maka berikut ini penulis akan jelaskan mengenai beragam cara mengatasi keputihan dengan tepat , diantarannya :

  • Hal pertama yang dapat dilakukan oleh para wanita agar terhindar dari masalah keputihan adalah dengan menjaga vagina agar tetap berada dalam kondisi kering serta tidak lembab . Seperti dengan melakukan menghilangkan keputihan berikut ini :
  1. Gunakan celana dalam yang tidak ketat , seperti halnya penggunaan stoking
  2. Gunakan pula celana dalam dengan bahan katun , dan hindari celana dalam dengan bahan sintetis . Dengan demikian udara pun dapat masuk dengan lebih mudah pada bagian vagina dan tidak menimbulkan lembab
  3. Hindari penggunaan celana dalam di malam hari ketika tidur
  4. Cuci kemaluan dari arah depan menuju belakang setelah proses buang air kecil dan hindari cara sebaliknya

Vagina pada dasarnya dikenal sebagai bagian yang dapat melakukan proses pembersihan secara mandiri . Karena itulah penggunaan cairan pembersih justru dapat menimbulkan resiko berbahaya , karena ketidakseimbangan dari bakteri alami serta jamur yang terdapat di dalamnya . Karena itulah dibandingkan dengan menggunakan produk pembersih ada baiknya bagi anda untuk menghilangkan keputihan dengan menggunakan air hangat aja atau pun dapat disertai dengan menggunakan sabun yang tidak memiliki aroma kuat .

  • Cara mengobati keputihan selanjutnya dapat Anda lakukan dengan menghindari penggunaan dari parfum atau bahkan bedak vagina . Hal ini berkaitan dengan keberadaan parfum serta bedak vagina tersebut yang justru dapat merusak keseimbangan dari bakteri serta jamur di bagian dalam vagina yang Anda miliki .
  • Selain beberapa hal dibagian atas tadi , pastikan pula untuk menghindari penggunaan bahan yang dapat menimbulkan iritasi , keputihan hingga masalah telat datang bulan seperti halnya :
  1. Bahan pembalut atau bahkan detergen dengan aroma kuat dalam proses mencuci celana dalam
  2. Penggunaan pembalut dengan kandungan parfum
  3. Tisu toilet yang beraroma
  • Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat yang disertai dengan nutrisi seimbang
  • Konsumsi pula yoghurt serta suplemen dengan kandungan lactobacillus
  • Jangan terlalu sering berendam di dalam air panas
  • Cuci pakaian dengan menggunakan air hangat
  • Pastikan untuk mengganti pembalut dengan waktu teratur saat datang bulan terjadi

Demikianlah kiranya penjelasan mengenai penyebab serta beberapa cara menghilangkan keputihan yang dapat Anda lakukan dengan tepat dan mudah .

Updated: April 26, 2019 — 8:33 am