Mengenal Sistem Organ Alat Reproduksi Wanita Dan Fungsinya Lengkap

Pada dasarnya wanita mempunyai banyak karakteristik fisik yang tentunya berbeda dengan pria dikarenakan peran pentingnya dalam reproduksi . Untuk lebih jelasnya mengenai sistem reproduksi wanita , berikut pembahasan selengkapnya .

organ reproduksi wanita

Mengenal Apa Itu Sistem Organ Alat Reproduksi Wanita

Sistem reproduksi wanita merupakan serangkaian organ yang berbeda didalam tubuh maupun di sekitar panggul wanita yang bertugas terhadap proses reproduksi . Jika diperhatikan bahwa sistem reproduksi wanita terdiri dari ovarium , rahim , dan vulva . Tentunya struktur dan organ reproduksi wanita sangat berperan penting terhadap proses reproduksi yang meliputi siklus menstruasi , konsepsi , kehamilan , hingga persalinan . Nah , apa-apa saja organ reproduksi wanita ? Untuk informasi lebih lanjut , maka dibawah ini akan dipaparkan ulasannya untuk Anda .

Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam

  • Vagina

Vagina merupakan muskula membranasea yang menghubungkan antara rahim dengan bagian luar . Terletak diantara rectum dan kandung kemih yang memiliki panjang sekitar 8 hingga 10 cm . Bagian-bagian vagina merupakan lapisan terluarnya yang memiliki selaput lendir , lapisan dalam adalah jaringan ikat yang berserat , sedangkan lapisan tengahnya tersusun dari otot-otot . Fungsi vagina diantaranya adalah sebagai tempat untuk berhubungan seksual , saluran untuk mengalirkan lendir dan darah saat menstruasi , dan sebagai jalan melahirkan .

  • Uterus ( Rahim )

Uterus merupakan organ berongga yang memiliki bentuk seperti buah pir yang di susun dari lapisan-lapisan otot . Di bagian uterus terdapat dinding rahim yang terdiri dari sel-sel epitel serta sebagian pembatas uterus . Lapisan pada dinding rahim bisa menebal ketika ovulasi dan akan meluruh ketika menstruasi . Sistem reproduksi yang satu ini berfungsi sebagai tempat tumbuh berkembangnya janin . Otot uterus bersifat elastis , dengan begitu bisa menyesuaikan dan bisa menjaga janin saat proses kehamilan selama 9 bulan . Bagian-bagian dari uterus diantaranya adalah sebagai berikut .

  1. Serviks uteri , yang merupakan bagian berbentuk seperti silinder
  2. Korpus uiter , bagian yang ada di bagian atas yang berbentuk segitiga
  3. Fundus uteri , bagian korpus yang berada di kedua pangkal tuba fallopi , tepatnya di bagian atas
  • Tuba Fallopi

Tuba fallopi merupakan organ yang menghubungkan uterus dengan indung telur . Tuba fallopi biasa disebut saluran telur dikarenakan bentuknya yang mirip saluran . Tuba fallopi berjumlah dua dengan ukuran panjangnya sekitar 8 hingga 20 cm . Fungsinya sendiri adalah sebagai penangkap ovum , bisa sebagai tempat fertilisasi , dan tempat pertumbuhan hasil pembuahan sebelum masuk kedalam uterus .

  • Ovarium

Alat reproduksi wanita selanjutnya adalah ovarium . Ovarium merupakan kelenjar reproduksi wanita yang memiliki fungsi menghasilkan ovum dan penghasil hormon seks utama . Ovarium berbentuk oval yang panjangnya sekitar 2,5 hingga 4 cm . Ada sepasang ovarium yang terletak di kiri dan kanan yang di hubungkan dengan rahim .Ovarium juga akan menghasilkan hormon estrogen hingga progesteron yang berperan penting dalam proses menstruasi .

Baca Juga : Cara Menggugurkan Hamil

Alat Reproduksi Wanita Bagian Luar

  • Mons Veneris

Mons veneris merupakan bagian yang agak menonjol yang menutupi tulang kemaluan , dan bagiannya tersusun dengan sedikit jaringan ikat dan jaringan lemak . Mons veneris dikenal juga dengan gunung venus , saat dewasa bagian mons veneris nantinya akan tertutup rambut-rambut kemaluan ( berbentuk seperti segitiga terbalik ) . Fungsi dari sistem reproduksi manusia yang satu ini adalah merangsang penciuman yang meningkatkan daya tarik seksual .

  • Labia Mayora

Bagian ini mirip seperti bibir . Labia mayora merupakan bagian dari mons veneris yang berbentuk lonjok dengan bagian luarnya tersusun oleh kelenjar keringat , jaringan lemak , dan ketika dewasa akan tertutup rambut kemaluan . Sedangkan di bagian selaput lemaknya tidak berambut , namun terdapat banyak ujung-ujung saraf , dengan begitu akan sensitif ketika berhubungan seks . Fungsinya adalah melindungi organ-organ internal yang terdapat pada pada sistem reproduksi wanita .

  • Labia Minora

Labia minora merupakan organ yang berbentuk lipatan yang berada di bagian labia mayora . Selain itu , labia minora tersusun oleh jaringan lemak , tidak berambut , serta memiliki banyak pembuluh darah yang tentunya bisa membesar ketika gairah seks bertambah . Labia minora berfungsi untuk memberikan stimulasi maupun pelumasan selama melakukan hubungan intim .

  • Klitoris

Klitoris merupakan bagian dari alat reproduksi pada kelamin perempuan yang bersifat erektil dan tentunya sangat sensitif saat terjadinya rangsangan ketika berhubungan seks . Terletak di ujung saraf dan memiliki jumlah pembuluh darah yang banyak . Jika diperhatikan bahwa klitoris memiliki 8.000 sel saraf . Klitoris sendiri hanya mempunyai satu fungsi sebagai pemberi kenikmatan seksual .

  • Vestibulum

Vestibulum merupakan rongga kemaluan yang di batasi labia minora di bagian kanan dan kiri , dibatasi klitoris pada bagian atas , dan di batasi pertemuan dua labia minora pada bagian belakang bawahnya . Fungsi vestibulum adalah sebagai tempat bermuaranya saluran kencing atau utera dan liang senggama .

  • Himen

Himen merupakan selaput membran tipis yang akan menutupi lubang vagina . Selain itu , himen bisa dengan mudah robek dan bisa dikatakan salah satu penilaian dari keperawanan . Maka dari itu , Anda perlu menjaga kesehatan reproduksi yang satu ini . Himen normalnya memiliki satu lubang agak besar yang berbentuk seperti lingkaran . Himen berfungsi untuk memungkinkan darah menstruasi maupun cairan tubuh lainnya mengalir keluar dari liang vagina . Ketika pertama kali berhubungan seks , maka himen akan robek dan akan mengeluarkan darah .

Demikianlah berbagai informasi yang sangat penting untuk Anda ketahui mengenai alat reproduksi wanita dan fungsinya lengkap . Semoga berbagai ulasan yang telah dipaparkan diatas bisa bermanfaat .

Updated: Juni 30, 2019 — 3:20 am