Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur Secara Alami Dan Cepat

Salah satu kendala bagi wanita yang kerap terjadi adalah haid tidak teratur . Masalah ini sering terjadi pada kebanyakan wanita dan disebabkan oleh berbagai macam hal . Pola hidup yang tidak teratur , konsumsi makanan yang kurang bergizi , kebiasaan kinerja hingga larut malam , kurang istirahat , serta beban pikiran yang berujung pada stress bisa menjadi penyebab haid tidak lancar .

Permasalahan haid yang tidak lancar membuat perhitungan masa subur menjadi terganggu . Banyak pula wanita yang mengalami telat haid dalam beberapa hari , bahkan bulanan yang membuat mereka cemas . Ketidak teraturan ini dapat berpotensi mengganggu aktivitas dan kegiatan rutin yang bisa dijalani .

Salah satu cara terbaik untuk memperlancar haid adalah mulai dengan apa yang dimakan . Memperbaiki asupan gizi dapat menstabilkan jumlah dan kinerja hormon . Pola hidup juga menjadi cara terbaik agar tubuh dapat menyesuaikan diri dengan melepaskan hormon sesuai dengan kebutuhan tubuh . Berikut ini 10 cara mengatasi haid tidak teratur , mulai dari makanan hingga kebiasaan :

  • Wortel

Salah satu cara sederhana untuk menstabilkan hormon menstruasi adalah dengan rutin mengonsumsi jus wortel . Wortel mengandung vitamin A , vitamin C , kalsium dan zat besi yang berfungsi menjaga stabilitas hormon . Disarankan untuk mengonsumsi jus wortel secara rutin tanpa gula agar manfaat minum ini untuk melancarkan haid dapat bekerja secara efektif . Memakan wortel mental atau sebagai salad juga menjadi alternatif yang lebih menyenangkan .

  • Kelapa Muda

Air kelapa muda dikenal sebagai cairan anti bakteri , anti virus , dan anti jamur yang sangat baik untuk melawan berbagai macam penyakit . Selain itu , kandungan gizi yang tinggi didalam air kelapa merupakan senyawa larut yang cepat diserap oleh tubuh . Dengan mengonsumsi air kelapa terutama pada masa pms dapat membuat haid menjadi lancar dan mengurangi nyeri pada saat haid .

  • Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan vitamin yang lengkap seperti A , B , C , D , E dan kalsium . Daun yang memiliki rasa pahit ini dapat di konsumsi menjadi sayuran pendamping makan maupun di manfaatkan air rebusannya . Untuk membuat rebusan daun pepaya biasanya ditambahkan gula merah , asam jawa , dan sedikit garam .

Mengonsumsi 1 gelas rebusan daun pepaya atau menambahkan daun pepaya pada menu makanan setiap hari sangat berguna untuk memperlancar siklus haid . Pada masa awal menstruasi juga disarankan mengonsumsi daun pepaya untuk mengurangi rasa nyeri . Cara memperlancar haid ini sangat ampuh .

  • Jahe

Salah satu rempah alami yang banyak manfaatnya dan mudah ditemukan adalah jahe . Selain di jadikan minuman hangat , jahe juga sering ditambahkan dalam berbagai bumbu masakan Indonesia . Jahe mengandung banyak sekali nutrisi dan gizi seperti vitamin A , B1 , B2 , C , minyak atsiri , serat , lemak , karbohidrat , zat besi , kalsium , niasin , fosfor , dan sodium . Mengonsumsi rebusan jahe setiap hari bisa menjadi cara terbaik untuk melancarkan siklus menstruasi .

  • Kunyit

Kunyit juga merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak khasiat . Zat kurkumin yang terdapat dalam kunyit berguna sebagai anti inflamasi dan antioksidan . Bermacam jamu pelancar haid sering menggunakan kunyit sebagai bahan utamanya . Selain itu kunyit juga berguna untuk mengurangi nyeri menstruasi . Rebusan atau jamu dari kunyit adalah cara termudah untuk mendapatkan hasil dan harus rutin dimunum setiap hari . Oleh sebab itu , dipercayai sebagian orang untuk cara menggugurkan hamil .

  • Makanan Sehat

Salah satu penyebab haid yang tidak lancar adalah masalah hormon . Ketidakstabilan hormon ini bisa disebabkan oleh bermacam hal , salah satu yang utama adalah dari apa yang Anda konsumsi . Memperhatikan gizi dan nutrisi dari makanan harian Anda menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga metabolisme dan fungsi hormon .

Membiasakan diri melengkapi konsumsi makanan sehat , serta mengurangi makanan-makanan junk food yang memiliki nilai gizi rendah bisa menjadi pilihan mudah terbaik yang bisa Anda lakukan . Lengkapi pula makanan harian Anda dengan susu , sayuran , dan buah-buahan agar tubuh Anda bisa menyerap lebih banyak gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh .

  • Gaya Hidup

Gaya hidup menjadi hal mendasar yang paling berpotensi mengganggu kestabilan hormon selain makanan . Gaya hidup sehat tidak melulu berfokus pada olahraga , namun dari kebiasaan dan rutinitas hidup harian . Perilaku dan kebiasaan buruk seperti bekerja lembur setiap hari , kurang istirahat , bekerja berlebihan , konsumsi kafein baik kopi maupun teh yang berlebih , kebiasaan merokok , dan minum beralkohol adalah penyebab utama dari masalah menstruasi . Mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan tersebut dapat menjadi cara terbaik agar haid Anda menjadi lebih lancar dan teratur .

  • Olahraga

Olahraga merupakan salah satunya cara agar peredaran darah dan metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik . Olahraga yang baik tidak hanya sekedar mencari keringat saja dengan berbagai olahraga keras yang menguras tenaga . Keteraturan dan olahraga ringan seperti jogging , bersepeda , maupun sekedar berjalan kaki merupakan pilihan terbaik agar siklus haid menjadi lebih teratur . Selain itu , olahraga juga dapat mengurangi tingkat stress yang menumpuk sehingga produksi dan efektivitas hormon tubuh dapat terjaga dengan baik . Luangkan waktu untuk olahraga ringan 2-3 hari sekali secara teratur akan sangat membantu bagi kesehatan tubuh secara holistik .

  • Istirahat

Salah satu yang menjadi permasalahan kaum wanita adalah kurang istirahat . Hal ini banyak terjadi pada kaum hawa baik yang menjadi ibu rumah tangga maupun pekerja kantoran . Hal ini terjadi karena banyaknya aktivitas yang memakan waktu , sehingga kurang istirahat . Aktivitas berlebihan juga berpotensi mempengaruhi hormon-hormon yang berperan dalam siklus menstruasi , serta mengurangi waktu untuk melakukan aktivitas sehat yang dibutuhkan untuk melancarkan peredaran darah . Kebanyakan wanita karir menghabiskan waktu di meja kerja , sementara ibu rumah tangga cenderung kehabisan waktu untuk mengurus kebutuhan rumah . Kebiasaan ini mengakibatkan haid tidak teratur .

  • Air Mineral

Air mineral merupakan detok alami yang murah dan efektif untuk mengeluarkan racun tubuh . Konsumsi air mineral secara rutin juga berperan rutin dalam keseimbangan metabolisme tubuh . Air mineral juga menjaga kadar keenceran darah agar dapat mengalir dengan lancar . Mengonsumsi air mineral dalam jumlah cukup setiap hari merupakan cara mudah agar haid menjadi lancar , selain itu air mineral juga membantu menjaga fungsi berbagai organ tubuh . Air mineral juga bisa menjadi pembersih alami bagi alat reproduksi wanita yang dikeluarkan melalui air kencing .

Meskipun banyak penyebab haid yang tidak lancar , 10 cara memperlancar haid secara alami dan cepat diatas bisa menjadi kebiasaan yang patut Anda terapkan . Dengan menerapkan 10 cara diatas secara rutin dan menjadi kebiasaan , Anda akan terhindar dari permasalahan haid . Secara umum cara-cara diatas bermanfaat untuk menstabilkan hormon dengan pola hidup yang mudah dan lebih baik . Keteraturan haid bisa di dapatkan dengan perilaku hidup yang teratur dan tidak mengonsumsi sembarangan makanan . Dengan haid yang lancar dan teratur , Anda bisa merencanakan masa kehamilan berdasarkan siklus yang teratur .

Updated: April 24, 2019 — 6:44 am