Cara Cepat Akibat Penyebab Telat Datang Bulan Selama 2 Bulan

Telat datang bulan sering dianggap sebagai salah satu masalah yang cukup mengganggu bagi kaum wanita . Setiap kaum wanita waktu akil balig hingga mereka berusia 40 atau bahkan 50 tahun tentunya mereka akan merasakan dan mengalami hal tersebut . Datang bulan sendiri dikenal sebagai kegiatan rutin yang tentunya terjadi dalam waktu satu bulan sekali dalam waktu 2 hingga 7 hari . Meskipun terjadi dengan rutin , namun tidak jarang pula diantaranya para wanita yang mengalami masalah telat datang bulan . Bagi anda juga yang turut mengalaminya , maka perhatikan beberapa bentuk penyebab datang bulan terlambat , sehingga cara melancarkan haid pun dapat Anda lakukan dengan tepat dan segera , diantaranya .

telat datang bulan

Penyebab Terlambatnya Datang Bulan :

  • Hormon Yang Tidak Seimbang

Ketidak seimbangan hormon menjadi penyebab telat haid paling pertama yang paling banyak dialami oleh kaum wanita . Hal tersebut umumnya terjadi karena hasil kerjasama yang terjadi antara otak , kelenjar yang terdapat didalamnya , kandungan telur serta kelenjar tiroid yang tidak seimbang , sehingga jadwal haid yang Anda miliki pun akan terganggu .

  • Teroid

Selain hal dibagian atas tadi , penyebab haid yang tidak lancar selanjutnya adalah gangguan yang terjadi pada kelenjar teroid . Bahkan gangguan ini juga dapat menjadi penyebab telat datang bulan selama 2 bulan . Pada dasarnya kelenjar teroid terletak dibagian leher dan berfungsi sebagai pengatur metabolisme tubuh . Karena itulah jika ia mengalami ketidak seimbangan , maka hal tersebut pun akan mempengaruhi jadwal menstruasi yang Anda miliki .

  • Turunnya Berat Badan

Penurunan berat badan secara drastis , seperti halnya pada kegiatan diet yang Anda lakukan , juga dapat menjadi penyebab dari masalah telat haid 1 bulan . Bukan itu saja , hal tersebut juga dapat memicu munculnya bulimia serta anoreksia .

  • Masalah Kesehatan

Ada beragam jenis masalah kesehatan yang dapat menjadi penyebab telat datang bulan selama 2 bulan . Namun bukan itu saja , seseorang juga dapat mengalami masalah telat datang bulan sebagai pertanda dari munculnya penyakit berbahaya dan sebagai bentuk akibat telat datang bulan juga dapat menjadi pemicu dari munculnya penyakit itu sendiri . Seperti halnya masalah telat datang bulan secara berlebih yang dapat menimbulkan beragam jenis penyakit berbahaya termasuk tumor .

  • Stress

Didalam otak manusia terdapat bagian yang dikenal dengan nama hypothalamus , bagian tersebut sangat mudah dipengaruhi oleh stress . Sedangkan fungsinya sendiri berkaitan dengan hormone yang mengatur masa haid wanita . Karena itulah jika Anda mulai stress , maka kemungkinan besar untuk mengalami masalah telat datang bulan pun akan Anda alami dengan lebih mudah .

  • Hamil

Selain beberapa hal dibagian atas tadi akibat telat datang bulan selanjutnya justru dapat dijadikan sebagai kabar gembira . Mengapa demikian ? Karena hal ini juga dikenal sebagai tanda awal kehamilan . Pada bagian diatas telah dijelaskan mengenai beberapa bentuk penyebab telat datang bulan yang sering dialami oleh wanita , karena itulah selain hal tersebut , dibutuhkan pula cara untuk mengatasi masalah itu dengan tepat . Merujuk pada hal tersebut berikut ini terdapat beberapa solusi tepat dari cara mengatasi masalah datang bulan atau cara cepat datang bulan , diantaranya :

  1. Gaya hidup sehat : Cara melancarkan haid pertama yang dapat Anda lakukan adalah menerapkan gaya dari cara hidup sehat , seperti halnya konsumsi jenis makanan yang sehat dan bergizi termasuk konsumsi jamu telat datang bulan juga dapat Anda lakukan sebagai bahan antisipasi untuk menghindari masalah telat datang bulan guna untuk cara mencegah kehamilan . Kemudian lakukan pula olahraga secara rutin , serta menghilangkan beragam kebiasaan buruk yang tentunya dapat mempengaruhi masalah kesehatan Anda . Karena beragam hal buruk yang dilakukan seperti kebiasaan merokok , konsumsi minuman alkohol , begadang , atau bahkan konsumsi kopi berlebih tentunya dapat menjadi penyebab telat datang bulan terlambat .
  2. Konsumsi makanan sehat serta bergizi : Ada banyak jenis makanan bergizi yang dapat Anda konsumsi , seperti halnya sayur , buah-buahan atau bahkan konsumsi jamu telat datang bulan , beragam jenis makanan tersebut dikenal baik dalam memproduksi serta melancarkan hormone dan juga metabolisme tubuh . Karena itulah proses datang bulan pun dapat terjadi dengan lebih lancar .
  3. Istirahat dengan teratur : Apabila anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup serta teratur , tentunya hormone kortisol yang terdapat didalam tubuh Anda pun akan terproduksi dengan baik . Bahkan ketika Anda mengalami stress sekalipun umumnya masalah tersebut akan teredam dengan mudah sehingga tidak mempengaruhi bagian hypothalamus yang mana dikenal sebagai bagian yang memberikan pengaruh tinggi dalam proses pengaturan masa haid yang Anda miliki dan sering kali dikenal sebagai penyebab terlambat datang bulan .
  4. Rutin berolahraga : Dengan melakukan kegiatan olahraga secara rutin , tentunya tubuh Anda pun dapat terjaga dengan lebih baik . Dalam hal ini Anda tidak perlu melakukan jenis olahraga berat , tetapi cukup dengan kegiatan ringan seperti halnya jogging , jalan kaki , atau bahkan bersepeda , maka Anda pun dapat melancarkan aliran darah serta menjadikan haid lebih lancar .
  5. Cukupi kebutuhan konsumsi air putih : Konsumsi air putih dikenal dengan beragam manfaat , dan tidak terkecuali untuk manfaatnya dalam melancarkan proses datang bulan yang anda alami . Karena itulah pastikan untuk mengonsumsi air putih dengan mencukupi , sehingga metabolisme tubuh pun terjaga dengan baik dan jadwal haid yang Anda miliki pun tidak akan terganggu .

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beragam hal yang dikenal sebagai penyebab telat haid serta tindakan tepat untuk mengantisipasinya sebagai cara cepat datang bulan dengan lebih mudah dan teratur .

Updated: Juli 9, 2019 — 11:45 am