Apa Manfaat Dan Efek Samping Yang Dirasakan Saat Mimpi Basah Pada Wanita

Peristiwa noctumal emission orgasm , atau yang lebih familiar dengan istilah mimpi basah merupakan hal yang paling sering dikaitkan dengan laki-laki . Padahal , mimpi basah wanita juga merupakan hal yang normal terjadi .

Selama ini , peristiwa tersebut memang lebih banyak diasosiasikan dengan tanda bahwa seorang laki-laki memang sudah memasuki masa pubertas dengan aktifnya organ seksual mereka . Munculnya bayangan erotis didalam mimpi saat tertidur ini bisa membuat alat kelamin laki-laki mengalami ereksi , bahkan ejakulasi . Hanya saja , wanita yang mengalami hal yang sama juga akan merasakan hal serupa pada organ seksual mereka .

Lantas , mengapa topik tentang mimpi basah pada wanita rasanya seolah tak pernah dibahas secara luas , seperti halnya noctumal emission pada pria ? Hal ini bisa dikarenakan stigma bahwa topik tentang seksualitas pada perempuan merupakan hal yang tabu untuk didiskusikan . Padahal , hal ini tidak masalah untuk dibahas .

mimpi basah

Sebenarnya , Apa Itu Mimpi Basah ?

Peristiwa yang juga merupakan salah satu ciri ciri pubertas pada perempuan ini merupakan jenis orgasme yang dirasakan seseorang ketika ia terbangun dan merasakan tubuhnya memasuki klimaks . Walaupun apa yang dirasakan saat mimpi basah paling sering dialami oleh mereka yang sudah memasuki masa pubertas – pria maupun wanita – rupanya hal ini juga bisa dialami begitu seseorang tak lagi aktif secara seksual dikemudian hari .

Apa saja gejala menopause ? Cari tahu disini .

Hal ini sebenarnya merupakan orgasme sungguhan , walaupun dialami tanpa adanya aktivitas seksual . Menariknya , kebanyakan orang yang merasakannya masih bisa mengingat apa mimpi erotis yang dilihat tepat setelah terbangun . Hanya saja , jika pria biasanya memiliki ” bukti nyata ” bahwa ia memang mengalami orgasme , dalam mimpi basah wanita biasanya yang mengalaminya hanya akan merasakan sensasi tertentu yang dikaitkan dengan fungsi seksual setelah ingatan akan mimpi erotis yang dilihat .

Karena para wanita kebanyakan hanya bisa mengingat mimpi erotis yang dialami sebagai apa yang dirasakan saat mimpi basah , hal ini bisa jadi merupakan hal yang cukup membingungkan untuk dialami . Apalagi jika seseorang tidak sering mengalaminya . Biasanya , wanita yang merasakan noctumal orgasm hanya mengingat perasaannya dan tahu kalau apa yang ia lihat hanyalah sebuah mimpi , atau tahu jika sudah mencapai klimaks .

Data Tentang Mimpi Basah Pada Wanita

Pada tahun 1986 , terdapat studi atau penelitian yang di publikasikan di Journal Of Sex Research . Dalam studi tersebut , diketahui bahwa 37 persen responden telah mengalami mimpi basah pada wanita setidaknya satu kali . Lantas , apa yang bisa menyebabkan hal ini terjadi ? Rupanya , pada saat fase REM atau rapid eye movement , tubuh manusia berada dalam kondisi serupa dengan lumpuh . Padahal , pada fase itulah mimpi basah biasanya terjadi .

Meskipun tubuh seperti kaku di fase REM , otak sebenarnya masih aktif . Karena itulah seseorang bisa merasakan orgasme yang dialami . Selama orgasm , seluruh sistem otak yang utama menjadi aktif . Para peneliti di tahun 1983 melakukan penelitian untuk mengukur perubahan fisiologis yang terjadi ketika seseorang mengalami orgasme ketika tidur . Dari situ , diketahui bahwa detak jantung para obyek penelitian meningkat dari 50 jadi 100 detak jantung per-menit . Disamping itu , nafas pun jadi berpacu , meningkat dari 12 jadi 22 per menit . Peningkatan juga terjadi dalam hal aliran darah di vagina .

Baca Juga : Cara Menggugurkan Hamil

Dalam fase REM , wanita yang mengalami mimpi basah juga akan meningkat aliran darahnya pada jaringan erektil . Untuk wanita , jaringan tersebut merupakan bagian dari klitorisnya . Karena otak mengenali tanda bahwa tubuh punya lebih banyak aliran darah di jaringan tersebut , maka kepuasan secara seksual pun terpicu .

Manfaat Dan Efek Samping Mimpi Basah

Walaupun peristiwa ini adalah hal yang bersifat alami , apakah ada manfaat mimpi basah maupun efek samping mimpi basah tentu yang perlu di perhatikan ? Untuk manfaat mimpi basah itu sendiri , pada umumnya hal ini bisa mendorong tubuh untuk melepaskan cairan yang menumpuk di dalam tubuh , baik itu bagi pria maupun wanita . Disamping itu , ada juga yang menyebutkan bahwa hal ini dapat mendorong tubuh untuk menjaga kesehatan organ dan area reproduksi seseorang , walaupun poin ini masih berupa opini yang artinya belum terbukti secara ilmiah lewat studi dan penelitian .

Lantas , bagaimana dengan efek samping mimpi basah , apakah ada yang perlu di cemaskan dari peristiwa ini ? Karena noctumal emission merupakan hal yang alami , sebenarnya tidak ada yang perlu di khawatirkan jika seseorang mengalaminya . Hanya saja , jika mimpi basah terjadi terlalu sering dan Anda merasa frekuensinya tidak normal , Anda bisa pilih untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan masalah ini .

Itulah beberapa hal tentang mimpi basah pada wanita yang perlu Anda ketahui . Semoga bermanfaat !

Updated: April 29, 2019 — 8:06 am